Skip to main content

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PUBERTAS

Problem based learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Pembelajaran PBL ini guru terapkan pada peserta didik kelas VI SD Swasta Mitra Mendawai Sejati pada hari Selasa, 15 Februari 2022.

Guru menerapkan model pembelajaran PBL ini dikarenakan kebanyakan dalam setiap pembelajaran hanya guru yang aktif berbicara menyampaikan materi, sehingga peserta didik terkadang merasa bosan dan mengantuk saat pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan. Melalui penerapan model ini diharapkan agar peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran, sehingga informasi bukan hanya berasal dari guru namun peserta didik aktif dalam mencari informasi untuk memecahkan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran di kelas saat menerapkan model PBL ini yaitu sebagai berikut:

1. Guru membagi peserta didik kelas VI yang berjumlah 24 menjadi 4 kelompok sehingga dalam satu kelompok terdiri atas 6 orang.










2. Guru memberikan suatu permasalahan yang ada di dalam buku tema 7 subtema 3 pembelajaran 2 yaitu “setiap kelompok diharapkan dapat membuat peta pikiran mengenai apa itu pubertas, ciri-ciri pubertas pada remaja perempuan, ciri-ciri pubertas pada remaja laki-laki dan cara menyikapi masa pubertas”. Masing-masing kelompok memilih secara acak judul peta pikiran dengan cara mengambil undian judul yang telah disiapkan oleh guru.



 









3. Masing-masing kelompok kemudian berdiskusi dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru dengan mencari informasi sebanyak-banyak mengenai judul yang telah diperoleh saat undian melalui buku bacaan yang ada pada LKS dan sumber informasi lainnya seperti buku paket, kemudian membuat peta pikirannya. Kegiatan ini guru tetap memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.


4. Setelah peserta didik selesai berdiskusi guru bersama-sama dengan peserta didik membahas bersama-sama hasil diskusi kelompok dalam menyelesaikan masalah dalam membuat peta pikiran mengenai pubertas

Hasil peta pikiran tiap kelompok dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


Maria Magdalena,S.Pd

Comments

Popular posts from this blog

Karya Kolase Peserta Didik Kelas Tinggi Selama Libur Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021

Berikut beberapa hasil karya peserta didik membuat kolase untuk mengisi waktu liburan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Kelas 4 1. DIVA CAHAYA PURNAMASARI 2. VINA AULIA ZAIN 3. ANISA FAZA MEDIANA

PJJ Luring. Kunjungan Bapak Ibu Guru ke Rumah-rumah Peserta Didik 12 Januari 2021

Berikut sebagian dokumentasi kunjungan bapak ibu guru ke rumah-rumah peserta didik ke sekitar wilayah Estate Suayap dan Umpang. Ringkasan kegiatan; a .      Evaluasi kegiatan BDR pekan pertama Semester II, b.      Pemberian materi pelajaran singkat, dan c.      Membentuk kelompok belajar bagi peserta didik satu lokasi untuk mengatasi kendala sebagian peserta didik yang tidak memiliki akun WhatsApp agar tugas, materi, dan informasi bisa tersampaikan kepada sebagian besar peserta didik.

Pesantren Ramadhan Peserta Didik Kelas Rendah

Peserta didik kelas 1, 2, dan 3. Kegiatan pesantren Ramadhan di Masjid Nurul Ikhsan, Suayap Estate.