Skip to main content

Kegiatan Membuat Pohon Beringin Lambang Dari Sila Ketiga Pancasila

Pancasila adalah dasar Negara yang di miliki oleh Negara Indonesia, secara etimologis pengertian Pancasila terdiri dari dua kata dari Sangsekerta yaitu panca berarti “lima” dan sila berarti  “ dasar atau asas” . Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut Muhammad Yamin ,Pancasila berasal dari kata “panca” yang berarti lima dan “ sila “ yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik .Dengan demikian pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

Pancasila memiliki 5 bunyi beserta simbol dan lambangnya dan setiap simbol memiliki arti dan lambang yang berbeda -beda .pada pembelajaran kali ini guru akan mengajarkan bunyi Pancasila sila yang ke tiga yang berbunyi persatuan Indonesia dengan simbol pohon beringin.

Nilai utama dari Pancasila sila ke tiga sendiri adalah persatuan dan kesatuan yang dapat membuat bangsa Indonesia tetap utuh dan tidak terpecah belah  untuk menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia ( NKRI).

Makna dari sila ke tiga Pancasila yaitu pohon beringin yang berarti persatuan Indonesia . Pohon beringin memiliki akar tunggal panjang yang menunjang pohon besar ini tumbuh ,akar ini tumbuh sampai ke dalam tanah dan menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia ,pohon beringin yang besar ini memiliki makna bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar yang memiliki keberagaman budaya yang sangat indah dan istimewa. selain itu , pohon beringin yang besar sangat berguna sebagai tempat untuk berteduh hal tersebut di korelasikan sebagai Negara Indonesia dimana semua rakyat dapat berteduh di bawah naungan Negara yaitu Negara Indonesia.

Sebagai warga Indonesia yang baik, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengamalkan Pancasila sila ketiga baik dalam kehidupan sehari- hari maupun di lingkungan sekolah .

Ada beberapa hal pengamalan sila ke tiga Pancasila yang dapat di terapkan di sekolah seperti halnya:

a. Berteman dengan siapa saja tanpa membedakan latar belakang 

b. Membiasakan untuk bertegur sapa saat bertemu 

c. Menanyakan kabar pada teman dimanapun berada

d. Berusaha untuk selalu kompak dan rukun saat belajar dan saat bermain bersama.

Untuk  Kegiatan kali ini guru mengajarkan cara membuat  pohon beringin lambang dari sila ke tiga Pancasila  dari kertas origami . Hal tersebut diajarkan kepada siswa dan siswi saat pembelajaran tema 6 sub tema 3 pembelajaran 1, PPKn KD 3.1 dan 4.1.  Kegiatan ini dilaksanakan di kelas 1 SD Swasta Mitra Mendawai Sejati pada hari Rabu dan Kamis tanggal 16 dan 17 Februari 2022.

Dalam kegiatan pembuatan pohon beringin sebagai lambang sila ke tiga, guru membagi peserta didik menjadi dua rombel yakni rombel Umpang dan Suayap, dalam rombel tersebut guru membagi menjadi beberapa kelompok . Guru membimbing peserta didik dalam proses kegiatan membuat pohon beringin dari kertas origami. Media yang digunakan untuk membuat pohon beringin dari kertas origami diantaranya :

a. Kertas lipat ( origami)
b. Lem
c. Gunting
d. Kertas HVS
 
Kegiatan membuat rantai dari kertas bertujuan untuk memberi pemahaman bahwa pohon beringin merupakan lambang atau simbol dari sila ke tiga Pancasila, serta melatih  kemampuan siswa dan siswi dalam proses pembuatan pohon beringin dari kertas, serta melatih karakter siswa dalam sikap gotong royong atau kerja sama  antar  anggota.

Langkah-langkah dalam pembuatan pohon beringin dari kertas origami  adalah :
1. Gunting kertas origami menjadi bentuk pohon beringin serapi mungkin.





2. Setelah kertas origami di gunting menjadi bentuk pohon beringin, lalu lem kertas origami 




3. Setelah selesai dilem, tempel gambar pohon beringin yang telah di gunting ke atas HVS kosong


4. Hasil kegiatan pembuatan pohon beringin dari kertas origami telah selesai.



Proses pembuatan pohon beringin dari kertas origami telah selesai ,guru berharap setelah  membuat lambang pohon beringin sila ke tiga Pancasila, siswa dan siswi kelas 1 dapat menerapkan  kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan sehari- hari.

Laelatul Ngilma, S.Pd


Comments

Popular posts from this blog

Karya Kolase Peserta Didik Kelas Tinggi Selama Libur Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021

Berikut beberapa hasil karya peserta didik membuat kolase untuk mengisi waktu liburan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Kelas 4 1. DIVA CAHAYA PURNAMASARI 2. VINA AULIA ZAIN 3. ANISA FAZA MEDIANA

PJJ Luring. Kunjungan Bapak Ibu Guru ke Rumah-rumah Peserta Didik 12 Januari 2021

Berikut sebagian dokumentasi kunjungan bapak ibu guru ke rumah-rumah peserta didik ke sekitar wilayah Estate Suayap dan Umpang. Ringkasan kegiatan; a .      Evaluasi kegiatan BDR pekan pertama Semester II, b.      Pemberian materi pelajaran singkat, dan c.      Membentuk kelompok belajar bagi peserta didik satu lokasi untuk mengatasi kendala sebagian peserta didik yang tidak memiliki akun WhatsApp agar tugas, materi, dan informasi bisa tersampaikan kepada sebagian besar peserta didik.

Pesantren Ramadhan Peserta Didik Kelas Rendah

Peserta didik kelas 1, 2, dan 3. Kegiatan pesantren Ramadhan di Masjid Nurul Ikhsan, Suayap Estate.