Skip to main content

MENYUSUN POTONGAN AYAT SURAT PENDEK AL-KAUTSAR

Sebagai umat Muslim, mengajarkan anak beribadah adalah salah satu yang diwajibkan. Tidak hanya dengan sholat 5 waktu tetapi dengan mengaji dan memaknai masing-masing ayatnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak mengaji sekaligus menghafal surat pendek. Salah satunya dengan cara merangkai potongan- potongan ayat dari surat yang hendak dihafalkan.  Pada publikasi kali ini saya akan menerapkan metode menyusun / merangkai potongan ayat pada surat Al-kautsar yang ada dalam materi mata pelajaran pendidikan Agama Islam bab 8 di kelas 3, saya menerapkan metode ini pada kelas rendah agar mereka terlatih untuk saling bekerja sama dan tolong menolong. Selain itu, peserta didik kelas rendah mempunyai potensi besar  untuk mengoptimalkan segala aspek perkembangannya, termasuk perkembangan keterampilan motorik sebagai perkembangan unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Dalam kegiatan ini, saya menyiapkan potongan-potongan ayat surah Al-kautsar yang sudah ditulis pada kertas origami untuk disusun oleh peserta didik dan ditempel pada kertas background. Proses dalam menempel mempunyai tujuan motorik yang sangat baik, karena dalam menempel potongan ayat diperlukan ketelitian, kesabaran dalam proses penempelan. Potongan-potongan ayat tersebut juga diberi lafaz agar memudahkan peserta didik yang belum lancar membaca Al qur'an.


Kegiatan dilanjutkan dengan membagi peserta didik kelas 3 menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari lima sampai enam orang. Tiap kelompok saling bekerja sama untuk menyusun dan menempel potongan ayat sehingga menjadi ayat yang sempurna. Ketika ayat sudah tersusun dengan benar dan tepat, masing-masing kelompok maju ke depan  untuk membaca surat pendek Al-kautsar. Setelah seluruh kelompok sudah maju ke depan, dilanjutkan dengan seluruh peserta didik membaca surat Al-kautsar secara bersama-sama dimulai dari saya membacakan terlebih dahulu beberapa ayat lalu disambung oleh peserta didik. Cara ini juga bisa dilakukan sebagai metode untuk mengajak peserta didik menghafalkan surat-surat pendek sehingga peserta didik cepat mengingat surat atau ayat tersebut.













Mutiara Firdaus, S.Pd

Comments

Popular posts from this blog

Karya Kolase Peserta Didik Kelas Tinggi Selama Libur Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021

Berikut beberapa hasil karya peserta didik membuat kolase untuk mengisi waktu liburan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Kelas 4 1. DIVA CAHAYA PURNAMASARI 2. VINA AULIA ZAIN 3. ANISA FAZA MEDIANA

PJJ Luring. Kunjungan Bapak Ibu Guru ke Rumah-rumah Peserta Didik 12 Januari 2021

Berikut sebagian dokumentasi kunjungan bapak ibu guru ke rumah-rumah peserta didik ke sekitar wilayah Estate Suayap dan Umpang. Ringkasan kegiatan; a .      Evaluasi kegiatan BDR pekan pertama Semester II, b.      Pemberian materi pelajaran singkat, dan c.      Membentuk kelompok belajar bagi peserta didik satu lokasi untuk mengatasi kendala sebagian peserta didik yang tidak memiliki akun WhatsApp agar tugas, materi, dan informasi bisa tersampaikan kepada sebagian besar peserta didik.

Pesantren Ramadhan Peserta Didik Kelas Rendah

Peserta didik kelas 1, 2, dan 3. Kegiatan pesantren Ramadhan di Masjid Nurul Ikhsan, Suayap Estate.