Sebagai umat Muslim, mengajarkan anak beribadah adalah salah satu yang diwajibkan. Tidak hanya dengan sholat 5 waktu tetapi dengan mengaji dan memaknai masing-masing ayatnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak mengaji sekaligus menghafal surat pendek. Salah satunya dengan cara merangkai potongan- potongan ayat dari surat yang hendak dihafalkan. Pada publikasi kali ini saya akan menerapkan metode menyusun / merangkai potongan ayat pada surat Al-kautsar yang ada dalam materi mata pelajaran pendidikan Agama Islam bab 8 di kelas 3, saya menerapkan metode ini pada kelas rendah agar mereka terlatih untuk saling bekerja sama dan tolong menolong. Selain itu, peserta didik kelas rendah mempunyai potensi besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembangannya, termasuk perkembangan keterampilan motorik sebagai perkembangan unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Dalam kegiatan ini, saya menyiapkan potongan-potongan ayat surah Al-kautsar yang sudah ditulis pada kertas origami untuk disusun oleh peserta didik dan ditempel pada kertas background. Proses dalam menempel mempunyai tujuan motorik yang sangat baik, karena dalam menempel potongan ayat diperlukan ketelitian, kesabaran dalam proses penempelan. Potongan-potongan ayat tersebut juga diberi lafaz agar memudahkan peserta didik yang belum lancar membaca Al qur'an.
Kegiatan dilanjutkan dengan membagi peserta didik kelas 3 menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari lima sampai enam orang. Tiap kelompok saling bekerja sama untuk menyusun dan menempel potongan ayat sehingga menjadi ayat yang sempurna. Ketika ayat sudah tersusun dengan benar dan tepat, masing-masing kelompok maju ke depan untuk membaca surat pendek Al-kautsar. Setelah seluruh kelompok sudah maju ke depan, dilanjutkan dengan seluruh peserta didik membaca surat Al-kautsar secara bersama-sama dimulai dari saya membacakan terlebih dahulu beberapa ayat lalu disambung oleh peserta didik. Cara ini juga bisa dilakukan sebagai metode untuk mengajak peserta didik menghafalkan surat-surat pendek sehingga peserta didik cepat mengingat surat atau ayat tersebut.
Mutiara Firdaus, S.Pd
Comments
Post a Comment