Cooperative learning atau belajar kooperatif yaitu strategi belajar yang mana peserta didik belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda.
Melalui pengelompokkan yang anggotanya berpasangan diharapkan aktivitas, kreativitas dan variasi pemikiran lebih banyak muncul. Dalam hal ini saya menerapkan model cooperatif learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas VI dengan materi hukum bacaan pada ayat al-qur’an yang ada didalam buku LKS Pendidikan Agama Islam. Saya hanya menerapkan model pembelajaran ini pada kelas tinggi dikarenakan untuk kelas rendah masih butuh bimbingan guru sebagai pusat pembelajaran ( teacher center ).
Pada cooperatif learning peserta didik memiliki tanggung jawab secara individu maupun kelompok. Keadaan ini menjadikan peserta didik dalam kelompok belajar, bekerja dan bertanggung jawab dengan sungguh-sungguh sampai menyelesaikan tugas yang saya berikan. Dalam prosesnya, pembelajaran dilakukan dengan prosedur dimulai dari saya menyampaikan secara singkat materi pelajaran, setelah itu kepada peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami. Saya memberikan penguatan kepada peserta didik yang aktif sehingga peserta didik lebih bersemangat saat mengikuti pembelajaran. Saya juga memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang aktif, sehingga peserta didik bisa ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sebenarnya anak-anak memiliki kemampuan untuk berkembang sendiri,membentuk sendiri. Saya berperan sebagai pembimbing dan mengamati bagaimana perkembangan peserta didik. Jadi yang lebih banyak melakukan aktivitas didalam pengembangan diri dan pembentukan diri adalah anak itu sendiri, sedangkan pendidik bertugas memberikan bimbingan dan merencanakan kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik.
Saya membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 peserta didik. Pada buku LKS Pendidikan Agama Islam terdapat ayat alqur-an surah Al-hujarah ayat 12-13, saya memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk menemukan potongan ayat yang termasuk hukum bacaan idghom bigunnah. Setiap kelompok harus bekerjasama untuk menemukan potongan ayat yang termasuk dalam hukum bacaan idghom bigunnah sebanyak-banyaknya. Hasil jawaban ditulis pada selembar kertas yang sudah diberi nama anggota masing-masing kelompok dan dikumpulkan kepada guru.
Mutiara Firdaus, S.Pd
Comments
Post a Comment